Inilah Daftar Kue Nasional Terlezat di Dunia, Lapis Legit Salah Satunya

Indonesia boleh berbangga karena salah satu kekayaan kuliner Nusantara yaitu Lapis Legit masuk dalam 10 kue tradisional terenak di dunia. Sebelum dibahas lebih lanjut ada beberapa daftar kue nasional terlezat berikut daftarnya:

1. Tiramisu – Italia

Gambar terkait

Tiramisu berarti “menjemputku” dalam bahasa Italia. Kue ini bercitarasa manis, berkafein, dan bisa ditemukan di hampir semua restoran di Italia. Tiramisu dibuat dari lapisan kue seukuran jari yang dicelupkan ke dalam kopi dan ditumpuk menggunakan keju mascarpone. Adonan telur dan gula pun ditambahkan. Namun, tiramisu versi modern menggunakan sponge cake dan menambahkan kopi cair untuk memberikan citarasa yang lebih kuat. Selain original, tiramisu juga memiliki beragam rasa mulai dari stroberi, pistachio, sampai matcha

2. Lamington- Australia

Kue Lamington Australia (Foto: news.com.au) Lamington adalah ikon kue nasional Australia. Kue bolu yang namanya diambil dari Lord Lamington yang menjadi Gubernur Queensland pada akhir abad 19 ini dilapisi cokelat dan taburan kelapa. Sedangkan kue Lamington modern memiliki punya beragam isian seperti raspberry dan mudah ditemui di supermarket-supermarket di Australia.  

3. Lapis Legit – Indonesia

Kue Lapis Legit yang populer sejak zaman Belanda (Foto: cantikinfo.net)

Ini dia yang ditunggu-tunggu, kue khas Indonesia yang termasuk kue terenak di dunia, Lapis Legit. Kue ini memang sejstinya bukan asli kekayaan kultur asli Indonesia. Namun merupakan kue hasil penyerapan budaya dari kolonial Belanda yang membekas di Indonesia seperti layaknya kue spikoe. Beberapa bahkan menganggap antara spikoe dan lapis legit adalahbkue yang sama. Meski begitu, Lapis Legit memang salah satu kue Indonesia yang tidak dapat ditolak kelezatannya.

Kue hasil campuran kuning telur, mentega gula dan tepung ini dibuat bertumpuk-tumpuk dengan warna lapisan yang berbeda. Umumnya Lapis Legit memiliki dua warna, coklat keemasan dan coklat tua. Teksturnya yang empuk dan rasanya yang manis menjadi alasan mengapa kue ini menjadi primadona di Tanah Air.

 

4. Kransekage – Denmark/Norwegia

Kue bertingkat Kransekage (Foto: offertabs.com) Kue yang umum disajikan saat pesta-pesta spesial seperti pernikahan atau perayaan tahun baru di Denmark dan Norwegia ini terkenal dengan penampilannya yang menarik. Terdiri dari beberapa tingkat, kue ini menjulang tinggi seperti menara. Biasanya kue ini dibuat dari adonan telur, gula dan almond.  

5. Pandan Cake – Malaysia/Singapura

Kue Pandan yang juga populer di Indonesia (Foto: youtube.com/zatayayummyzonghan)

Kue yang satu ini menarik, sebab tidak hanya populer di Malaysia dan Singapura, tetapi juga di Indonesia. Pandan Cake atau Bolu Pandan adalah kue yang bertekstur lembut dengan warna hijau yang khas berkas campuran cairan ekstrak daun pandan.

 

6. Black Forest – Jerman

Kue Black Forest (Foto: yummytummyaarth.com)i

Mendengar namanya mungkin orang berpikir bahwa kue yang satu ini berasal dari Inggris atau Amerika, namun ternyata nama ini adalah nama lain dari Schwarzwalder Kirschtorte yang berasal dari Jerman. Nama tersebut berasal dari nama sebuah liquor di daerah pegunungan Barat Laut di Jerman yang dibuat dari hasil suling buah Ceri. Itu sebabnya Black Forest dengan cita rasa asli umumnya mengandung alkohol. Kue ini terdiri dari beberapa lapis kue bolu cokela dan dilapisi dengan krim gula.

 

7. Dorayaki – Jepang

Kue kesukaan Doraemon, Dorayaki (Foto: cookingismeditation.wordpress.com)

Pada mulanya, kue ini hanya kudapan sederhana di Jeoang. Namun dorayaki kemudian sangat populer di Jepang akibat karakter anime bernama Doraemon, seekor kucing robot, amat menggemari kue ini. Dorayaki sebenarnya adalah kue bolu yang berbentuk bulat yang didalamnya berisi pasta kacang merah yang rasanya manis.

 

8. Tres Leches Cake – Meksiko

Kue Tres Leches (Foto: today.com)

Kue nasional yang satu ini sangat kental dengan rasa susu. Sebab teksturnya yang lembut direndam dengan campuran tiga jenis susu: susu kental manis, susu evaporasi dan susu biasa. Itu sebabnya kue ini juga dikenal dengan nama Roti Tiga Susu (Pan Tres Leches).

 

9. Victoria Sponge – Inggris Raya

Kue kerajaan Inggris, Victoria Sponge (Foto: thelittleteochew.com)

Melihat namanya saja sudah sangat kentara bahwa kue ini diberi nama berdasarkan nama ratu Inggris, Ratu Victoria. Menurut cerita, Ratu Victoria diketahui sangat menyenangi mengudap sepotong kue bolu sembari menikmati teh hangat di sore hari. Bukan hanya budaya teh di sore hari saja ternyata yang menjadi populer tetapi juga kue bolu yang di nikmati oleh sang ratu. Kue bolu victoria biasanya dibuat dari tepung, telur dan gula. Kemudian di sajikan dengan selai rasberi dan krim vanila.

 

10. Madeleines – Perancis

Kue Madelienes (Foto: designbakerun.blogspot.ca)

Meski Perancis terkenal dengan panekuk kering atau crepe namun ternyata terdapat kue enak lain yang juga terdapat di Perancis. Salah satunya adalah Madeleines yang merupakan kue bolu bermotif unik. Bila umumnya bolu memiliki permukaan rata, bolu yang satu ini memiliki bentuk menyerupai tempurung kerang. Kue ini terkenal dengan rasanya yang lembut dan bercita rasa lemon yang berasal dari campuran air lemon.

Dari daftar Kue nasional dari berbagai negara menurut kalian manakah yang menjadi favorit?


Leave a Comment