8 Jenis Makanan Laut Yang Mengundang Selera dan Memiliki Manfaat

Banyak sekali masyarakat yang akan memilih ikan sebagai menu favorit ketika berada di restoran seafood, padahal banyak sekali jenis makanan laut yang memiliki manfaat sangat besar bagi tubuh. Tak hanya vitamin, mineral dan minyak ikan yang bisa didapatkan ketika mengonsumsi makanan laut. Hampir semua makanan laut mengandung Omega 3 asam lemak utama yang dikenal untuk membantu dengan kesehatan jantung. Berikut ini beberapa manfaat makanan laut berdasarkan jenisnya :

1. Kepiting

Gambar terkait

Krustasea berkaki sepuluh ini tinggi protein dan Omega-3. Memiliki elemen selenium dan kromium serta kalsium, tembaga dan tingkat yang sangat baik dari seng. Manfaat Omega-3 yang tinggi benar-benar hal terbaik dari kepiting. Asam lemak ini memiliki sifat anti-inflamasi sehingga mungkin akan baik bagi mereka dengan kondisi seperti arthritis, juga mengurangi tekanan darah. Selenium merupakan antioksidan dan mineral yang kuat.

Kebanyakan krustasea tinggi kolesterol dan perlu diingat bahwa, hal itu perlu untuk menghasilkan hormon seks dan memproses vitamin D dalam tubuh, namun hanya dalam jumlah yang kecil. Kepiting rendah kalori, hanya 128 kalori dalam 100g dan lemak jenuh yang membuatnya baik untuk jantung.

2. Cumi – Cumi

Hasil gambar untuk masakan cumi cumi

Cumi-cumi merupakan sumber protein yang baik dan juga mengandung Omega-3, tembaga, seng, vitamin B dan yodium. Makanan yang mengandung tembaga sangat penting untuk penyerapan, penyimpanan dan metabolisme besi dan pembentukan sel darah merah. Tingginya tingkat B2 dapat membantu fosfor dan kalsium untuk membangun tulang dan gigi.

Cumi-cumi hanya sekitar 70 kalori per 100g, tetapi menambahkan adonan tepung misalnya, hampir tiga kali lipat jumlah kalori dan menambah lemak trans. Hal ini sangat buruk dan diyakini meningkatkan risiko beberapa jenis kanker.  

3. Tiram

Gambar terkait

Tiram mengandung banyak asam amino tirosin, yang juga dibuat di dalam tubuh. Hal ini membantu meningkatkan mood dan mengatur kadar stres. Kualitas afrodisiak didokumentasikan dengan baik untuk memiliki lebih banyak seng daripada kebanyakan makanan lainnya. Hal ini mendukung fungsi reproduksi dan seksual terutama pada pria.

Tiram merupakan sumber manfaat vitamin A, C dan B12 yang baik dan penting untuk energi. Tiram juga memiliki kadar kalsium yang baik dan besar untuk membangun tulang. Berhati-hati saat memilih jenis makanan laut, karena ada potensi terkena infeksi. Jika memilih tiram segar, pertimbangkan tingkat merkuri yang tinggi di dalamnya.

4. Kerang

Gambar terkait

Manfaat selenium, manfaat zat besi, manfaat asam folat, manfaat vitamin A, manfaat vitamin B, manfaat yodium dan seng terkandung di dalam kerang. Tingginya kadar yodium merupakan unsur kimia yang sempurna untuk mereka yang mengalami masalah pada fungsi tiroid. Manfaat yodium membantu tiroid untuk memproduksi hormon tirosin. Hal ini juga berfungsi bagi sebagian besar perempuan di usia tiga puluhan dan empat puluhan yang mengeluh tentang rasa lelah.

Manfaat remis  juga memiliki tingkat tertinggi Omega 3 dari kerang dan kaya akan asam folat dan vitamin B12. Kurangnya zat tersebut, dapat menyebabkan kelelahan, kebingungan dan bahkan kerusakan saraf. Meskipun rekomendasi resmi menunjukkan bahwa kerang dapat dikonsumsi saat kehamilan, namun ada risiko bahwa racun yang menyebabkan keracunan makanan tidak benar-benar hilang.

5. Udang & Udang Karang

Hasil gambar untuk masakan Udang & Udang Karang

Udang mengandung seng, yodium dan selenium, namun juga tinggi kolesterol. Sangat rendah lemak sekitar 100 kalori per 100g. Udang segar tinggi vitamin B12, yang diperlukan untuk pembelahan sel dan kekurangan zat ini, menderita tingkat tekanan darah yang rendah. Manfaat vitamin B12 diperoleh dari makanan dan hanya tersedia dari sumber hewani, seperti daging atau ikan, sehingga bisa menjadi masalah bagi vegetarian.

Udang beku sering tinggi garam karena proses pembekuan makanan, menggunakan natrium sebagai bagian dari proses penyimpanan. Selenium memiliki sifat yang sangat protektif dan mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh serta penting untuk fungsi tiroid yang optimal.

 

6. Lobster

Gambar terkait Lobster mengandung yodium, selenium, dan vitamin B. Mengandung kalori, dan lemak jenuh. Manfaat vitamin E dalam lobster membantu melindungi sel-sel dari kerusakan. Hal ini dapat terlihat karena sebagai makanan mewah, tapi lobster juga merupakan protein yang sehat dan ramping. Untuk menghindari tingginya lemak, hindari hidangan yang dimasak mengandung krim, keju dan telur. Penderita kolesterol tinggi jangan mengkonsumsinya terlalu sering.  

7. Gurita

Hasil gambar untuk masakan gurita

Bagian yang paling sering dimakan gurita adalah lengan, dan kadang-kadang daerah kepalanya. Gurita kecil yang dimakan utuh mengandung banyak vitamin B, mengandung manfaat potasium dan selenium. Juga tinggi taurin dan zat besi. Taurin adalah asam amino yang dibuat dalam tubuh dan membantu mengurangi kolesterol dari pembuluh darah. Hal ini dapat membantu pencegahan penyakit jantung, meskipun belum ada penelitian konklusif untuk mendukung hal ini. Sekitar satu dari 20 dari kita mungkin menderita anemia defisiensi besi dan daging gurita merupakan sumber zat besi yang baik. Gurita besar akan lebih sulit untuk di makan jika tidak disiapkan dengan baik.

 

8. Salmon

Gambar terkait

Salmon sangat tinggi Omega 3. Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa Omega 3 dapat membantu melindungi masalah penglihatan yang berkaitan dengan usia. Jika memungkinkan, periksa kandungan garam salmon, karena kandungan garam yang tinggi akan menjadi masalah terhadap tekanan darah.  Perhatikanlah keseimbangan dengan hati-hati mengkonsumsinya, jika memiliki tekanan darah tinggi.


Leave a Comment