10 Jenis Ikan yang baik untuk di Konsumsi

Jika di artikel sebelumnya dibahas tentang manfaat ikan bagi tubuh, maka dalam artikel ini akan diberikan informasi tentang jenis ikan yang baik untuk di konsumsi sebagai bahan pengetahuan pembaca. Ikan merupakan makanan yang nikmat dan bisa dimasak dengan mudah, terlebih banyak perairan dibandingkan daratan di bumi kita ini. Oleh karena itu tidak salah jika kita sebagian besar penduduk di dunia ini menjadikan ikan sebagai makanan pokok Jadi, ketika anda bingung ikan apa saja yang sehat dan layak dikonsumsi, jenis-jenis ikan dibawah ini merupakan jenis ikan yang bisa menggugah selera anak-anak anda sehingga tertarik untuk memakan ikan tersebut. Karena kandungan yang terdapat dalam ikan seperti minyak ikan dan omega-3 penting untuk anak-anak di usia pertumbuhan mereka. Berikut adalah 10 jenis ikan yang baik untuk dikonsumsi yang bisa Anda coba untuk mendapatkan manfaat kesehatan maksimal dari mereka.

1. Salmon

Gambar terkait

Jenis ikan yang sehat dan bagus untuk dikonsumsi anak anda yang pertama adalah ikan salmon. Dengan dua jenis asam lemak omega-3, salmon berperan penting dalam meningkatkan fungsi kognitif dan fungsi otak pada anak-anak.

 

2. Ikan Lele (catfish)

Gambar terkait

Bagi anda ibu baru maka anda haruslah memasukkan lele ke dalam daftar menu harian sehat anda. Ikan lele memiliki jumlah yang merkuri yang rendah yang berfungsi dengan baik untuk wanita hamil dan ibu menyusui.

3. Ikan Tuna

Gambar terkait

Jika Anda ingin ikan yang memiliki omega-3 asam lemak dan merkuri yang rendah, Anda harus mencoba hidangan lezat dari sekaleng tuna. Anda juga dapat mengkonsumsi kaleng tuna albacore, tetapi harus dibatasi sampai 6 ons per minggu.

 

4. Flounder (Ikan Sebelah)

Gambar terkait

Ikan ini akan mendapatkan tempat permanen pada daftar top 10 ikan yang sehat untuk dicoba. Dengan hampir 350 mg EPA dan DHA, flounder adalah teman yang baik bagi Jantung Anda. Anda juga bisa mendapatkan 13 gram protein dari 3 ons ikan sebelah ini.

 

5. Ikan Makarel

Hasil gambar untuk masakan ikan makarel

Beberapa penelitian medis telah membuktikan bahwa konsumsi makarel mengurangi risiko penyakit jantung. Tapi, Anda harus berhati-hati tentang jenis ikan, seperti Raja mackerel yang tidak baik untuk wanita hamil, anak-anak dan wanita menyusui, karena merupakan sumber merkuri yang tinggi.

 

6. Ikan Sarden

Gambar terkait

Jika Anda membeli sarden dalam bentuk kemasan, carilah ikan sarden kemasan yang berlabel ‘tanpa garam’ dipaketannya. Sarden adalah sumber yang sangat baik karena memiliki  protein dan jumlah merkuri yang cukup rendah, yang mana ikan ini juga bermanfaat menurunkan risiko penyakit jantung. Namun, jika ditambahkan garam maka dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

 

7. Ikan Herring

Gambar terkait   Ikan herring termasuk ikan yang rendah kadar merkuri, tinggi omega-3 dan direkomendasikan oleh Yayasan Jantung AS. Satu bagian Atlantic herring yang telah dimasak dengan berat 3 ons mengandung sekitar 20 gram protein.  

8. Ikan Trout Air Tawar

Hasil gambar untuk ikan Trout Air Tawar

Anda dapat memasukkan ini di antara 10 ikan yang sehat untuk dicoba. Ikan ini mudah tersedia dan banyak ditemukan  seperti di danau lokal dan badan air. Namun, Anda harus memeriksa terlebih dahulu apakah air tersebut baik atau sudah terkontaminasi dengan pestisida atau bahan kimia berbahaya lainnya.  

9. Ikan Haddock

Gambar terkait

Memiliki rendah merkuri, asam lemak omega-3, protein, dll, semua nutrisi banyak sekali di dalam ikan ini, dan ketika Anda konsumsi, akan membuat kesehatan  menjadi lebih baik, karena itu adalah pilihan yang sangat sehat. digunakan dalam menu diet  Anda dan bermanfaat juga untuk menjaga jantung Anda dalam kondisi yang baik dan mengontrol tingkat kolesterol Anda.

 

10. Ikan Pollock

Hasil gambar untuk masakan ikan Pollock

Untuk mengakhiri daftar top 10 ikan yang sehat untuk dicoba, ini bisa menjadi menu yang terbaik. Anak-anak menyukai ini. Biarkanlah anak-anak Anda makan ikan ini, karena memiliki tingkat merkuri yang rendah dan juga memiliki beberapa asam lemak omega-3 untuk membangun tubuh dengan baik.


Leave a Comment